Jumat, 10 Januari 2014

Mengenal Perlengkapan dan Peralatan Sablon

Mengenal Perlengkapan dan Peralatan Sablon
1. Screen



Screen adalah media yang dipake untuk mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Bahan dari kain kassa berbentuk persegi empat. Kain kassa ini memiliki pori2 (lubang) yang akan dibentuk sesuai film yang kita buat. Screen/ talang sendiri ada dua macam : 
- Screen Untuk cetak kertas 
- Screen untuk cetak kaos 
Masing - masing Screen/talang memiliki tingkat kerapatan/pori-pori yang berbeda. Screen inilah yang nanti di beri obat afdruk untuk membentuk objek sablon lalu di transfer ke media sablon.

 2. Rakel

Rakel ini fungsinya Untuk menyapu tinta yang akan dicetak ke objek sablon ini. Benda yang satu ini terbuat dari karet ( lebih tepatnya polyurethane ), fungsi rakel ini sangat penting dalam menyablon, yaitu untuk menyapu tinta dalam screen sehingga jatuh ke permukaan media yang ingin kita cetak/sablon 

 3. Meja Sablon

Untuk proses penyablonan kita membutuhkan meja sablon atau media yang rata untuk menempatkan media sablon/cetak, meja sablon standar biasanya terbuat dari kayu dan bagian atas nya di lapisi kaca agar rata/flat untuk memudahkan proses sablon/cetak. 

 4. Haidryer /pengering

Dalam proses perekaman di screen hairdryer berfungsi untuk mengeringkan afdruk/ulano agar proses perekaman leebih mudah dan cepat, dapat juga di gunakan untuk mengeringkan sablonan kaos sebelum proses cetak ke warna selanjutnya.

 5. Ragum / Catok

Ragum/Catok adalah alat untuk mengunci screen pada meja sablon kertas. Fungsinya seperti engsel pintu agar Screen/talang dapat di gerakkan naik dan turun pada posisi yang sama. 

 6. Meja rekaman lampu neon

Saat ini untuk memiliki meja rekaman sudah wajib untuk proses cetak sablon,kalau dulu orang masih menggunakan matahari untuk memindahkan gambar/media ke screen/talang sekarang kita sudh wajib memakai lampu neon + meja kaca untuk proses perekaman screen/talang,mengingat hasil rekaman dari lampu neon lebih cepat dari menunggu matahari di saat mendung :D 

 7. Ulano/Afdruk

Ulano/Afdruk ini adalah obat exposure yang peka pada cahaya,jenis nya ada dua macam ,solvent resistant dan water resistant, -solvent resistan di gunakan untuk cetak kertas,karena tinta kertas berbahan dasar dari minyak. -water resistan sendiri di gunakan untuk cetakan baju kaos karena kebanyakan tinta Sablon kaos berbahan dasar air. Ulano/Adruk di gunakan untuk mentransfer media dari film/klise ke dalam screen/talang.  

8. Film/klise

Film sablon adalah desain gambar anda yang sudah di print diatas kertas, kemudian untuk di afdrukan atau di cetak diatas screen. boleh dikatakan model gambar/desain yang bakal kita sablon di atas kaos yg akan kita sablon. Film tersebut biasanya dibuat melalui desain komputer yang diprint pake tinta laser (pake tinta print biasa sebenar nya juga bisa, tapi hasilnya kurang bagus). Desain sablon kebanyakan dibikin pake Corel ataupun Adobe.


 9. Tinta sablon

Jenis tinta bermacam-macam dan nama tinta pun bergantung objek tempat kita nyablon ataupun hasil yang diinginkan. Tinta yang buat sablon kaos aja ada banyak macamnya. Ada juga tinta sablon kaos yang bisa bikin timbul setelah kita setrika (puff print), dan ada tinta yang menyala di tempat gelap(Glow in The Dark). Tinta sablon ini adalah inti dari sablon itu sendiri, karena semua alat bantu di atas fungsinya untuk mentrasnfer tinta sablon ke media cetakan/sablon. Tinta berbahan dasar minyak sering di gunakan untuk sablon kertas, undangan, sticker, kartu nama, plastik dll. Tinta berbahan dasar air di gunakan pada proses penyablonan kaos ,spanduk, dll.

 10. m3/m4



m3/m4 adalah minyak yang berfungsi untuk mengencerkan tinta sablon berbahan dasar minyak. Fungsinya seperti tinner pada cat. 

Demikian sedikit pengenalan tentang dasar menyablon... 
tobe continued.... :D
Add to Cart

Related Product :

0 komentar:

Posting Komentar

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bengkel Sablon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger